D3 Survei dan Pemetaan

Survei dan Pemetaan Universitas Esa Unggul menjadi Program Studi yang Unggul Dalam Menghasilkan Tenaga Profesional Di Bidang Survei, dan Pemetaan Berbasis Tata Ruang dan Geospasial dan menghasilkan lulusan yang kompetitif sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yang berbasis teknologi memiliki daya saing yang tinggi.

Kompetensi Lulusan Program Survei dan Pemetaan :
Lulusan Program Studi Survei dan Pemetaan Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan memahami fungsi integrasi tata ruang dan pertanahan. Serta menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi membantu lembaga pertanahan dalam pengurusan sertifikat.

Proses Pembelajaran :

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence).
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC).
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum.
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi.
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik.
  6. Bimbingan Akademik.
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional.
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif.
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa.
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Visi

Menjadi Program Studi yang Unggul Dalam Menghasilkan Tenaga Profesional Di Bidang Survei, dan Pemetaan Berbasis Tata Ruang dan Geospasial.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan tenaga terampil untuk mendukung aktivitas pekerjaan survei dan pemetaan berbasis tata ruang dan geospasial.
  2. Menyelenggarakan sertifikasi kompetensi sebagai keunggulan lulusan yang diakui oleh berbagai instansi, lembaga, atau organisasi untuk pasar kerja.
  3. Menyelenggarakan program kerja sama dengan pemerintah, swasta, ahli profesi, dan masyarakat umum dalam upaya pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan
Menghasilkan lulusan yang dapat :

  1. membantu tenaga pemetaan untuk survey lapangan dan menuangkannya dalam bentuk sistem informasi spasial. Selain itu mampu melakukan survey untuk pendaftaran hak atas tanah dan untuk kepastian hukum pemilikan tanah (sertifikat) dam pajak bumi dan bangunan (PBB).
  2. membantu tenaga surveyor dalam mengukur batas antar persil atau bidang tanah serta mampu menghitung luasan persil.
  3. membantu tenaga ahli pemetaan untuk menuangkan hasil survey, analisis, dan hasil aplikasi sistem informasi geografis ke dalam tulisan atau laporan sesuai dengan format yang dibutuhkan pengguna jasa.
  4. membantu tenaga ahli perencanaan untuk menuangkan hasil survey, diskusi, analisis, hasil aplikasi sistem informasi geografis, serta konsep perencanaan ke dalam bentuk tulisan atau laporan sesuai dengan format yang dibutuhkan pengguna jasa.

Profesi dan Karir Lulusan Diploma Survei dan Pemetaan dapat bekerja dan berkarir sebagai :

  • Teknisi GIS.
  • Asisten Surveyor Kadaster.
  • Drafter/Asisten Tenaga Ahli Pemetaan.
  • Drafter/Asisten Tenaga Ahli Perencanaan.

Esa Unggul Career Center

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan.
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id).
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU.

 

Fasilitas Pembelajaran dan Praktikum Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas laboratorium seperti:

  • Laboratorium Gambar Teknik dan CAD
  • Laboratorium Sistem Produksi
  • Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi
  • Laboratorium Komputasi dan Optimasi
  • Laboratorium Proses Produksi
  • Laboratorium Enterprise Resource Planning (by SAP)
  • Laboratorium Perpetaan
  • Laboratorium Geographical Information System (GIS)
  • Studio Planologi

Ruang Kuliah multimedia Laboratorium Gambar Teknik dan CAD Komputer 

 

Kurikulum Pendidikan Survei dan Pemetaan Universitas Esa Unggul terdiri dari :

  1. 6 semester
  2. Terdapat 44 mata kuliah
  3. Total SKS sebanyak 109 SKS (42 sks teori, 67 sks praktik)

Dosen Pengajar

  1. Dr. Ratnawati Yuni S., M.M
  2. Prama Ardha Aryaguna, S.Si., M.Sc.
  3. Akhmad Fais Fauzi, S.T, M,Eng
  4. Mega Novetrishka Putri, S.T, M.T
  5. Bakhtiar Arif Mujianto, S.Si, M.Sc
  6. Rizki Kirana Yuniartanti, ST, M.Sc
  7. Cecep Andiatela Firdaus S.Si,MM


SILAHKAN BERTANYA DISINI